Ukuran Pipa HDPE Sesuai Keperluan Anda

Ukuran Pipa HDPE Sesuai Keperluan Anda. Pipa jenis HDPE kini mampu menggeser pipa-pipa jenis lainnya. Hal ini dikarenakan, pipa HDPE punya kemampuan dan kekuatan yang lebih jika dibanding pipa lain. Berbahan dasar thermoplastik membuat pipa ini anti karat, lentur, kuat, dan tidak mudah bocor. Masa penggunaannya bahkan bisa sangat panjang, sampai kurang lebih 50 tahun.

Pipa HDPE

Pipa HDPE

Jika Anda memerlukan pipa jenis HDPE untuk beragam keperluan, Anda juga harus menyesuaikan dengan ukuran pipanya. Pipa ini punya variasi ukuran yang banyak, mulai dari diameter terkecil sampai diameter terbesarnya. Anda bisa memilih beragam jenis dan harga pipa ini di distributor pipa HDPE. Untuk ukuran pipa sesuai dengan keperluannya, simak ulasan berikut sampai selesai, ya.

Untuk Pembangunan Saluran Air Bersih

Jika Anda membutuhkan pipa HDPE untuk pembangunan saluran air bersih, ukuran yang tersedia untuk ini mulai dari setengah inchi hingga 24 inchi. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Untuk saluran air bersih di rumah misalnya, Anda bisa menggunakan ukuran yang kecil atau sedang saja. Biasanya, pipa yang digunakan untuk saluran air bersih di rumah-rumah, perkebunan, dan pertambangan maksimal tekanannya adalah 6,3 kg/cm persegi. Pipa untuk saluran air bersih biasanya juga dominan berwarna hitam.

Untuk Pembangunan Saluran Gas Bertekanan

Selain digunakan untuk saluran air bersih, pipa HDPE juga banyak digunakan untuk pembangunan saluran gas bertekanan. Pipa yang digunakan untuk ini biasanya dominan berwarna kuning dan mempunyai ukuran-ukuran tertentu. Tekanannya juga lebih besar dibanding saluran pembangunan air bersih, biasanya menggunakan pipa dengan PN 16 atau 12,5. Ukurannya juga tersedia antara setengah sampai 24 inchi.

Untuk Pembangunan di Daerah Sulit

Bukan rahasia, di Indonesia sendiri masih banyak sekali daerah yang kesulitan air bersih. Untuk membantu pembangunan di daerah-daerah sulit itu, pipa HDPE sangat dibutuhkan. Selain kualitasnya yang memang bagus, pipa ini juga mudah pemasangannya. Untuk program demikian, Anda bisa menggunakan pipa jenis HDPE bertekanan 6,3 kg/cm persegi. Ukurannya bisa menyusaikan sesuai dengan kebutuhan, dari setengah inchi hingga 24 inchi. Daerah-daerah seperti ini misalnya daerah pegunungan, daerah yang rawan gempa, atau pun di daerah labil yang minim air bersih.

Untuk Jaringan Saluran Bawah Air

Selain tiga keperluan di atas, pipa HDPE juga bisa digunakan untuk jaringan saluran bawah air. Ini cocok sekali untuk pembuangan seperti bekas limbah pabrik, dan sebagainya. Untuk keperluan ini, Anda bisa memilih pipa dengan ukuran sedang sampai besar, antara 18 hingga 24 inchi. Selain itu, tekanannya juga hampir sama dengan penggunaan pipa untuk saluran air bersih.

Untuk Jaringan Pipa Drainase dan Air Minum

Selanjutnya, pipa HDPE juga bisa digunakan untuk saluran atau jaringan pipa drainase dan air minum. Keduanya membutuhkan pipa bertekanan sedang agar bisa mengalirkan air dengan stabil. Untuk keperluan ini, Anda bisa menggunakan pipa jenis HDPE dengan ukuran yang sedang juga antara 12 sampai 14 inchi.

Ukuran pipa HDPE pada umumnya antara lain ½ inchi atau 20 mm, ¾ inchi atau 25 mm, 1 inchi atau 32 mm, 1 ¼ inchi atau 40 mm, 1 ½ inchi atau 50 mm, 2 inchi atau 63 mm, 2 ½ inchi atau 75 mm, 3 inchi atau 90 mm, 4 inchi atau 110 mm, sampai 24 inchi atau 560 mm. Itu dia beragam ukuran pipa jenis HDPE. Semoga artikel ini bermanfaat!