Sebelum Nikah, 5 Selebriti Tanah Air Ini Buat Perjanjian Pranikah

Sebelum Nikah, 5 Selebriti Tanah Air Ini Buat Perjanjian Pranikah – Sebelum menikah, biasanya calon pasangan pengantin akan mempersiapkan berbagai kebutuhan, seperti materi, persiapan lamaran, pesta, membuat perencanaan, hingga membuat perjanjian pranikah. Mungkin, sebagian dari Anda masih merasa asing dengan pembuatan perjanjian pranikah. Terlebih di Indonesia sendiri, perjanjian pranikah memang masih dianggap tabu.

Tapi tahukah Anda, membuat perjanjian pranikah ternyata penting loh untuk dilakukan. Selain penting, perjanjian pranikah juga akan memberikan manfaat untuk Anda dan pasangan kelak. Terlebih, biasanya pasangan akan membuat perjanjian pranikah untuk memperjelas hak dan kewajiban suami istri, salah satunya terkait soal harta dan hak asuh anak.

Tidak dibuat untuk main-main apalagi untuk dilanggar, pembuatan perjanjian pranikah ternyata dilindungi secara hukum dan diatur pada Pasal 29 Ayat 1 UU No. 1 tahun 1974. Perjanjian pranikah ini akan dibuat oleh calon pengantin sebelum mereka dinyatakan sah menjadi suami istri. Perjanjian tersebut ditulis di atas kertas putih, serta bertanda tangan dan bermaterai.

Baca Juga: Sebelum Nikah, Pastikan Kamu Sudah Jalani 7 Tes Kesehatan Berikut Ini!

Alasan para calon pengantin membuat perjanjian pranikah biasanya adalah untuk mempersiapkan jika kelak ada permasalahan atau perpisahan, sehingga perceraian tersebut bisa ada kejelasan tugas serta tanggung jawab antara suami istri.

Belum banyak para calon pengantin yang sadar pentingnya membuat perjanjian pranikah. Namun, tidak untuk para selebriti Tanah Air berikut ini, yang telah menyadari pentingnya perjanjian pranikah. Siapa saja mereka, dan kira-kira apa saja ya isi perjanjian tersebut? Simak ulasannya di sini:

1. Raffi Ahmad – Nagita Slavina

Sadar akan pentingnya membuat perjanjian pranikah, membuat kedua pasangan ini sepakat untuk membuat sebuah perjanjian sebelum menikah pada 17 Oktober 2014 lalu. Seperti biasa, isi perjanjian pranikah tersebut tidak jauh menjelaskan soal harta. Misalnya, ketika sudah menikah nanti, harta milik istri tetap menjadi milik istri.

Namun, menurut mereka perjanjian pranikah sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung bagaimana sepasang suami istri menyikapi perjanjian tersebut. Namun, hingga saat ini mereka merasa perjanjian pranikah tersebut tidak membuat mereka terbebani, malah baik untuk keduanya dan jadi menguntungkan.

2. Chelsea Olivia – Gleen Alienski

Pembuatan perjanjian pranikah memang masih jarang diterapkan oleh masyarakat Indonesia. Namun, untuk pasangan muda ini seperti sangat mementingkan perjanjian pranikah. Tidak hanya soal harta, Chelsea dan Glenn membuat perjanjian berupa kewajiban suami istri, hingga hak-hak suami dan istri.

Balik lagi ke pasangannya, menurut keduanya perjanjian pranikah juga harus  dibuat dengan porsinya masing-masing, agar bisa saling menghormati dan menghargai pasangan. Karena pastinya setiap pasangan memiliki sudut pandang yang berbeda dari perjanjian pranikah ini.

3. Paramitha Rusady – Nenad Bago

Selebriti Paramitha Rusady ini memang sudah bercerai dengan sang suami yakni Nenad Bago. Namun, saat masih bersama kedua sempat membuat perjanjian pranikah, sehingga ketika bercerai, keduanya tidak sibuk meminta permohonan harta gono-gini ke pengadilan.

Isi perjanjian pranikah tersebut nyatanya bisa mempermudah menyelesaikan masalah, seperti ada hal yang dikabulkan salah satunya terkait uang nafkah untuk anak.

4. Venna Melinda an Ivan Fadilla

Pasangan yang telah menikah sejak tahun 1995 ini akhirnya bercerai. Namun, sejak pertama menikah, keduanya ternyata telah sepakat membuat perjanjian pranikah. Akan tetapi pada roses perceraian, mereka sempat terjadi perdebatan sengit terkait perjanjian pranikah. 

Perdebatan perjanjian tersebut terkait soal pembagian harta, di mana pembagian harta gono-gini yang sudah diatur dengan jelas dalam perjanjian tersebut, ditafsirkan secara berbeda oleh keduanya.

5. Pablo Benua – Rey Utami

Hanya mengenal satu sama lain dalam waktu 7 hari saja, Rey dan Pablo juga sempat menjadi sorotan karena tersebarnya perjanjian pranikah mereka. Digunaka sebagai alat pengaman, Rey menyebutkan bahwa jika suaminya ketahuan selingkuh, Pablo wajib memberikan semua hartanya kepada Rey.

Menurut Rey, perjanjian pranikah juga bisa digunakan agar wanita tak diperlakukan semena-mena oleh suami, dan juga sebaliknya.

Itulah beberapa selebriti Tanah Air yang menerapkan perjanjian pranikah. Nah, bagi Anda yang juga ingin membuat perjanjian pranikah bersama pasangan, sebaiknya harus mengetahui poin-poin penting yang wajib diperhatikan.

Mulai dari mengetahui isi UU yang mengatur perjanjian pranikah, apa yang boleh dan tidak boleh ditulis di dalam perjanjian, hingga perjanjian nikah dengan WNA (Warga Negara Asing), yang bisa Anda baca di artikel lebih lengkapnya berikut ini:

https://www.cekaja.com/kredit/news/126187-poin-penting-dalam-perjanjian-pranikah.html