Jenis Pipa Tembaga Type L dan Type K

Jenis Pipa Tembaga Type L dan Type K. Berkat kekuatan tinggi, daya tahan dan ketahanan korosi tembaga, bahan ini cocok alami untuk pipa. Bahkan orang Mesir kuno mengakui nilai pipa tembaga untuk irigasi dan pembuangan limbah. Pipa tembaga tipe L dan tipe K memiliki banyak karakteristik.

Jenis pipa tembaga

Jenis pipa tembaga

Tetapi kedua produk ini cukup berbeda sehingga installer memilih masing-masing untuk aplikasi tertentu. ASTM International, sebelumnya dikenal sebagai American Society for Testing and Materials, menetapkan standar untuk berbagai bahan untuk membantu installer dengan cepat mengidentifikasi dan memilih pipa yang tepat untuk pekerjaan itu. Di artikel terbaru ini akan kami berikan beberapa perbedaan jenis pipa tembaga yang dimiliki oleh masing masing jenis pipa tersebut.

Bentuk Pipa Tembaga Tipe L dan Tipe K

Pipa tembaga tipe L dan tipe K keduanya datang dalam berbagai bentuk termasuk bagian yang keras dan keras, lurus atau kumparan yang lunak dan fleksibel. Bagian lurus dari kedua jenis cukup sulit, dan installer menggunakan alat untuk memotong dan menekuk pipa-pipa ini. Gulungan tembaga Tipe L dan K lembut.

Pemasang sering dapat menekuk bagian ini dengan tangan agar muat di sekitar rintangan. Sementara panjang pipa yang keras memungkinkan pemasangan yang lebih rapi, koil bekerja lebih baik untuk pekerjaan renovasi, di mana pipa atau balok lain dapat mencegah jalan lurus dari pipa. Banyak sistem pipa pendingin dan khusus menentukan kumparan. Silahkan kunjungi jual pipa tembaga ac untuk menemukan jenis pipa ini.

Ukuran Tipe L dan Tipe K Pipa Tembaga

ASTM International menjual pipa tembaga Tipe L dan tipe K dalam ukuran standar. Diameter luar tipe L dan pipa tipe K dengan ukuran yang sama identik. Dimana pipa-pipa ini berbeda adalah ketebalan dindingnya. Pipa Tipe K memiliki dinding yang lebih tebal daripada tipe L, sehingga diameter bagian dalam pipa tipe K juga akan lebih kecil dari diameter bagian dalam pipa tipe L.

Apa saja perbedaan dari jenis pipa tembaga type L dan Type K?

Penggunaan Setiap Jenis Pipa Tembaga

Pipa tipe K berdinding tebal menangani tekanan yang lebih besar daripada pipa L tipe berdinding tipis. Masing-masing pipa ini dengan aman mengangkut air, limbah, udara, bahan bakar, refrigeran atau gas, sesuai dengan Asosiasi Pembangunan Tembaga Inc.

Aplikasi tekanan tinggi, seperti gas medis, sering membutuhkan perpipaan tembaga tipe K. Ketika memilih di antara kedua jenis pipa ini, selalu lihat kode bangunan lokal untuk mempelajari jenis kode yang diperlukan. Untuk menemukan kompresor ac terbaik silahkan kunjungi harga jual kompresor ac.

Type M Pipe dan Pertimbangan Perbandingan

ASTM International juga menyediakan standar untuk pipa tembaga tipe M, yang memiliki dinding lebih tipis dari tipe L dan tipe K pipa. Materi ini memiliki label dengan huruf merah, dan hanya memiliki panjang yang kaku. Ketiga varietas khusus pipa tembaga ini dengan aman menyalurkan AC, gas medis, drainase dan limbah.

Baca juga : Cara Terbaik untuk Menggunakan Showcase Cooler Anda!

Demikianlah beberapa perbedaan dari kedua jenis pipa tembaga dari type L dan type K ini. Semoga dengan mengetahui perbedaan ini anda akan dapat dengan mudah memahami kegunaan dari masing-masing type ini. Tentu diharapkan artikel ini dapat sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.