Perubahan Baru untuk Ponsel

Perubahan Baru untuk Ponsel. Ini adalah generasi kelima (5G) teknologi ponsel. Yang telah memasuki tahap akhir pengujian, sebagai persiapan untuk debutnya di seluruh dunia. Proyek Kemitraan Generasi Ketiga (3GPP), sebuah kelompok industri untuk telepon seluler, masih harus menandatangani desain referensi 5G yang memenuhi semua anggotanya. Tapi itu tidak menghentikan produsen dari memperkenalkan chip-set 5G dan modem untuk operator nirkabel yang menguji.

Perubahan

Perubahan

Harapannya adalah untuk mendapatkan jaringan seluler 5G berjalan tepat waktu.Perlombaan untuk meluncurkan 5G mengingatkan pada kesibukan untuk melakukan hal yang sama dengan Wi-Fi pada tahun 1990-an. Ketika pembuat peralatan mempercepat perlengkapan, untuk mempengaruhi standar yang muncul (dan dengan demikian mengunci paten mereka sendiri). Dan untuk mendapatkan kaki di pintu siap ketika teknologi lepas landas. Banyak yang percaya 5G bisa menjadi perubahan yang lebih besar. Membuat banyak hal mungkin yang sebelumnya hanya mimpi belaka menjadi nyata.

Apa yang membedakan 5G dari generasi awal broadband nirkabel adalah kemampuannya untuk mengirim dan menerima sinyal hampir secara instan. The “latency” (yaitu, jeda antara memulai suatu tindakan dan mendapatkan respon) yang telah tertatih-tatih ponsel akan menjadi sesuatu dari masa lalu. Ketika waktu yang dibutuhkan ponsel 3G adalah dua perangkat nirkabel untuk berkomunikasi satu sama lain adalah sekitar 500 milidetik. Itu lag setengah detik bisa membuat percakapan frustasi. Satu dekade kemudian, 4G telah memangkas latensi menjadi 60 milidetik atau lebih. Tidak buruk, tetapi masih butuh waktu yang lama ketika menunggu data penting..

Dengan latensi kurang dari satu milidetik, 5G akan memungkinkan segala macam aplikasi yang membutuhkan respons cepat. Mengirim sinyal peringatan bahaya ke mobil self-driving melalui jalan mereka melalui lalu lintas, misalnya. Atau memberikan terjemahan bahasa seketika saat seseorang sedang berbicara melalui telepon.

Jika 5G benar-benar mencapai potensi penuhnya, dua teknik yang telah digunakan secara luas di Wi-Fi dan LTE harus didorong ke batas. Salah satunya adalah “saluran agregasi”. Yang bekerja dengan menggabungkan sinyal nirkabel dari beberapa stasiun pangkalan ke dalam secara efektif. Ini adalah sebuah pipa gemuk besar yang mampu memancarkan data pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada yang seharusnya mungkin. Selain meningkatkan kecepatan unduh, agregasi operator memungkinkan operator seluler melakukan patch bersama potongan spektrum yang berbeda yang telah mereka peroleh sedikit demi sedikit selama bertahun-tahun.

Teknik lainnya, “multiple input / multiple output” (MIMO), menggunakan sejumlah antena untuk mengirim aliran data terpisah, dengan beberapa antena di ujung penerima memproses semua sinyal yang masuk. Sistem MIMO saat ini cenderung memiliki sekitar empat antena di kedua ujung transmisi dan penerima. Tetapi tidak ada yang secara teori menghalangi mereka untuk memiliki ratusan atau bahkan ribuan. Kekurangannya adalah kerumitan dan konsumsi energi.

Apa Keuntungan Menggunakan Perubahan 5G untuk ponsel ini?

Keuntungannya adalah keandalan, keluaran dan kebebasan dari gangguan. Tantangannya adalah membuat banyak amplifier radio kecil yang murah bekerja sama sebagai satu kesatuan yang koheren. Sementara beradaptasi dengan lancar dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda.

Mengumpulkan semua persyaratan ini akan membuat jaringan 5G menjadi sangat rumit. Konfigurasi ulang yang konstan akan menuntut daya komputasi dalam jumlah besar. Dan tidak hanya tersimpan di pusat data yang jauh, tetapi didistribusikan ke seluruh jaringan itu sendiri. Base station akan menyerupai server sebanyak transceiver radio. Tetapi harapan masih membakar itu, tidak seperti generasi sebelumnya dari teknologi mobile, 5G bisa menjadi standar global yang sebenarnya.

Jika itu terjadi, pasti akan banyak sekali perubahan yang terjadi. Wisatawan akan dapat menggunakan ponsel mereka di mana saja di dunia, tanpa perlu harus menukar kartu SIM mereka saat mereka tiba. Dan mereka akan dapat menggunakannya untuk melakukan hal-hal yang hampir tidak terbayangkan hari ini.