Marshanda: Edukasi Tentang Bipolar Masih Perlu Dilakukan HOT UPDATE

Berita terbaru hari ini mengabarkan tentang Marshanda: Edukasi Tentang Bipolar Masih Perlu Dilakukan.

Kapanlagi.comMarshanda tak hentinya menyuarakan pentingnya pendidikan tentang bipolar. Ia tak ingin masyarakat salah memahami bipolar sebagai sesuatu yang mengerikan dan membuat seseorang dikucilkan. Saat kami temui di kawasan Fatmawati beberapa waktu lalu, ia sedikit bercerita bawah ia memahami bipolar ke dalam dua golongan utama. 

“Ketika aku ditreatment dengan benar: Aku ketemu psikiater, ikutin saran dokter, aku minum obat, aku bisa stabil, produktif, berkarya, dan berteman. Gejala bipolarku akan menghilang ketika aku mendapatkan treatment yang tepat,” ungkapnya. Menurutnya bipolar itu masih bisa tertangani. Ia tak ingin siapa pun yang menderita mengidap bipolar merasa hidupnya berakhir. “Bukan yang kayak wah gue bipolar kelar nih hidup gue. Ngga bisa ngapa-apain,” tambahnya.

Menurut Marshanda, seseorang yang mengidap bipolar adalah mereka yang produksi hormon di otak tidak seimbang. Produksi hormon yang berbeda itulah yang memicu manik dan depresi. Manik adalah kondisi di mana seseorang merasa sangat gembira dan merasa bahwa semua yang dilakukannya adalah benar dan keren.

Oleh karenanya pengidap bipolar perlu terus berkonsultasi dengan psikiater supaya bisa tercatat dalam jurnal medis dan segera mendapat penanganan terbaik. 

Dengan pertimbangan bahwa pengidap bipolar perlu penanganan lebih, Marshanda merasa edukasi tentangnya belum maksimal. “Yang ada hanya poster-poster yang dipajang di rumah sakit, pada bagian psikiatrinya,” ujarnya. Bahkan ia punya pengalaman dengan dokter yang salah menulis gejalanya ini sebagai insomnia. 

“Bayangkan bagian rumah sakit aja enggak tahu ini tuh bipolar belum teredukasi. Soalnya bipolar itu butuh penanganan yang tepat kalau parah bisa aja bunuh diri loh. Jadi, kalau punya kenalan harus disemangatin. Jangan anggap ke psikiater itu memalukan karena dianggap gila itu enggak bener bipolar itu bukan gila kalau ditreatment dengan bener itu bisa normal lagi,” tegasnya. 

Ke depannya, dengan Marshanda meyakini bahwa edukasi lewat media sosial menjadi yang paling efektif dan bisa menjangkau banyak orang.

Kabar Terbaru Marshanda

 

(kpl/aal/dka)

Berita terbaru ini dikutip dari situs berita tentang Marshanda: Edukasi Tentang Bipolar Masih Perlu Dilakukan.