Mantap! Tangkal Radikalisme, Polres Sleman Gandeng Mahasiswa : Okezone News INFORMASI INDONESIA

Kabar berita hari ini mempublikasikan informasi Mantap! Tangkal Radikalisme, Polres Sleman Gandeng Mahasiswa : Okezone News.

SLEMAN – Anggota Polres Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar penyuluhan menangkal radikalisme kepada mahasiswa di Sleman, Yogyakarta. Penyuluhan tersebut agar mahasiswa-mahasiswi tidak terkontaminasi ajaran radikal berbau terorisme.

Kapolres Sleman AKBP, Burkan Rudy Satria mengatakan, mahasiswa pada level sekarang masih mencari identitas. Oleh karena itu, penyuluhan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman awal tentang radikalisme, sehingga tidak terseret pada pemahaman yang salah.

“Jadi sangat penting untuk menggarap pemahaman radikalisme mulai dari SMA sampai Mahasiswa, karena merekalah yang menjadi cikal bakal penerus, kalau tidak di cegah dari awal akan bahaya bagi kita,” ujar Burkan kepada wartawan di Sleman, Yogyakarta, Selasa (19/9/2018).

Menurutnya, potensi menjadi radikalisme di Sleman sangat besar, karena banyak perguruan tinggi, seperti, UGM, UIN, UNY, UPN.

“Tidak adanya radikalisme disini, karena kami selalu melakukan pendekatan dengan semua elemen masyarakat,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, ada sebagian tokoh yang keras seperti Ja’far Umar Thalib mantan panglima laskar jihad dan tokoh HTI. Namun mereka tidak melakukan tindakan radikalisme di Sleman.

“Pergerakan kaum radikal disini ada tapi tidak nampak dan sangat sedikit sekali. Kami juga mendapat dukungan menangkal radikalisme oleh Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhamadiyyah,” ungkapnya.

Ia juga mengajak masyarakat, apabila mempunyai tetangga kaum radikal, agar merangkul dan hidup bersama, agar bisa meredam radikalisme. “Kalau kaum radikal ini dijauhi, maka mereka akan melakukan radikalisme, jadi kita harus merangkul dan hidup bersama agar tidak ada radikalisme,” pungkasnya. (sym)

(ulu)

Berita terbaru ini dikutip dari media Indonesia tentang Mantap! Tangkal Radikalisme, Polres Sleman Gandeng Mahasiswa : Okezone News.