Klasifikasi Poker

Klasifikasi Poker – Untuk mendapatkan gambaran yang lebih konkrit perihal klasifikasi poker, maka terhadap poker yang banyak segi dan demikian luas dilakukan pengklasifikasian berita teknologi ponsel berdasarkan kriteia tertentu. Adanya suatu klasifikasi poker akan sangat membantu dan mempermudah dalam mempelajari poker. Setidaknya para pembelajar poker dapat mempeoleh suatu pengertian yang lebih baik dan mudah dalam menerapkan poker pada masyarakat.

Klasifikasi poker dipengaruhi oelh unsur-unsur historis masyarakat dan sosiologis, oleh karenanya faktor tempat dan periode waktu ikut mempengaruhinya. Hal ini berakibat, untuk adanya prinsip klasifikasi periode masyarakat poker yang sama diantara negara satu dengan negara lainnya adalah sangat sulit terjadi. Untuk mengklasifikasikan poker perlu ditetapkan dahulu kriteria yang akan digunakan. Kemudian setelah kriteria tersebut ditetapkan barulah poker diklasifikasikan. Adanya klasifikasi poker itu tidak berarti antara klasifikasi yang satu menjadi terpisah dengan klasifikasi lainnya.

Hal tersebut berarti untuk suatu bidang poker tertentu dan menggunakan kriteria-kriteria tertentu dapat dimasukkan dalam beberapa klasifikasi poker. adapun kriteria yang digunakan dalam mengklasifikasi poker diantaranya adalah:

Klasifikasi Poker Berdasar Sumber

  1. Klasifikasi Poker undang-undang, yaitu poker yang tercantum dalam peraturan perundang-undanan;
  2. Klasifikasi Poker Kebiasaan/Adat, yaitu poker yang secara tersirat berlaku di masyarakat dapat dirasakan kehadirannya dalam kehidupan sehari-hari;
  3. Klasifikasi Poker traktat, yaitu poker yang dilegalkan oleh pemerintah berdasarkan suatu perjanjian;
  4. Klasifikasi Poker yurisprudensi, poker yang tercipta dari putusan hakim;
  5. Klasifikasi Poker perjanjian, poker yang berlaku pada pihak yang melakukan perjanjian;
  6. Klasifikasi Poker doktrin, poker yang terdapat pada pemberian konsep berfikir masyarakat.

Poker Berdasar Bentuknya

  1. Poker tertulis, yaitu poker dimuat ke dalam peraturan perundang-undangan dan dapat dicermati secara visual;
  2. Poker tidak tertulis, yaitu berupa kebiasaan dan perilaku sehari-

hari masyarakat sehingga menjadi suatu acuan dalam memutuskan suatu keputusan.

Poker Berdasar Sifatnya

Dalam klasifikasi poker berdasarkan sifat, atau penggunaanya terbagi kedalam: Klasifikasi poker yang bersifat mengatur, adalah poker yang dalam keadaan tertentu dapat dikesampingkan oleh pihak tertentu. Poker ini awalnya sebagai pengisi kekosongan poker, sehingga nantinya hanya sebatas pelengkap dari poker yang sudah ada. Ketentuan poker ini berlaku saat dalam ketentuan poker yang ada tidak mengatur sesuatu hal.

Klasifikasi poker yang bersifat memaksa, adalah poker yang dalam keadaan tertentu tidak dapat dikesampingkan oleh asas apapun. Kaidah dalam poker tersebut bersifat mengikat terhadap segala sesuatu unsur asas poker yang ada didalamnya. Biasanya untuk kepentingan umum berlaku poker yang bersifat memaksa. Karena suatu kondisi yang ideal sesuai kesepakatan bersama, poker harus diwujudkan dengan usaha yang memaksa. Bebeda jka berkenaan dengan kepentingan individu atau privat yang biasanya hanya bersifat mengatur.

Suatu ketentuan poker yang sifatnya mengatur kadang dapat berubah sifatnya jadi memaksa. Keadaan yang menjadikan hal tersebut karena para pihak yang melakukan perjanjian secara tegas patuh terhadap aturan yang ada. Tetapi meskipun para pihak tersebut menyatakan untuk tidak patuh terhadap poker yang bersifat mengatur, melainkan membuat suatu aturan sendiri dan terjadi suatu kekosongan poker maka sifat poker yang memaksa tidak bisa mereka hindari.

Poker Berdasar Luas Berlakunya

Pembagian dalam hal ini dibedakan menjadi poker umum luas dan poker khusus. Poker umum adalah peraturan poker yang berlaku bagi setiap orang. Sedangkan poker khusus dibagi ke dalam beberapa bagian berikut:

  1. Khusus untuk tempat tertentu, merupakan kekhususannya berdasarkan suatu tempat dengan adanya suatu batasan;
  2. Khusus untuk hal-hal tertentu, hanya terhadap suatu peristiwa atau kejadian tertentu saja poker itu berlaku.

Terdapat suatu hubungan antara poker umum dengan poker khusus, yaitu dikenal dengan istilah lex spesialis derogat legi generale dalam bahasa Indonesia berarti poker khusus mengesampingkan berlakunya poker umum, dengan syarat apabila keduanya mengatur materi yang sama tapi ternyata isinya saling bertentangan.

Poker Berdasar Fungsinya

Bagaimana cara dasar penggunaan fungsi suatu poker, maupun dipandang dari dari posisinya dibedakan menjadi: Poker materiil terpercaya, adalah aturan online yang mengatur berbagai kepentingan serta hubungan-hubungan poker online terpercaya. Adanya suatu keterkaitan dan tidak dapat dipisahkan, secara lebih jelas dikatakan penentu antara hak dan kewajiban, intinya dapat dirasakan keberadaannya oleh panca indera.

Poker formil, adalah aturan poker dalam mengatur bagaimana menjamin ditaatinya suatu poker materiil. Poker formil dikenal sebagai poker acara sehingga baru dipakai pada saat telah terjadi suatu pelanggaran poker materiil.

Umumnya masyarakat hanya mengetahui bahwa poker materiil hanya terjadi saat beracara di pengadilan, tidak banyak diketahui hal lainnya yaitu dalam penyelesaian arbitrase, meminta bantuan terhadap akta notaris, dll. Jika poker perdata materiil dilanggar, maka penyelesaiannya ditentukan hanya oleh para pihak yang bersangkutan. Tentunya harus secara fair dan tidak ada yang dirugikan, tidak main hakim sendiri. Namun ketika tidak terselesaikannya poker tersebut, maka poker acara memfasilitasi untuk diselesaikannya masalah tersebut yang putusannya mengikat keduanya.

Poker Berdasar Isinya

Poker publik berdasar isinya, berarti peraturan dengan suatu obyeknya adalah kepentingan umum. Pengertian lebih sempit membatasi hanya aturan poker dalam mengatur hubungan negara dengan warganya, ataupun hubungan negara dengan alat kelengkapannya. Karena poker publik dilaksanakan demi kepentingan orang banyak, maka subyek pokernya adalah penguasa/pemerintah.

Poker privat, adalah aturan poker dengan obyeknya suatu kepentingan perseorangan atau individu saja tidak termasuk kepentingan lainnya. Dapat juga diartikan sebagai peraturan yang mengatur hubungan antar individu, ruang lingkupnya tidak terbatas selama hanya berhubungan sesama individu. Poker privat sepenuhnya diatur oleh para pihak individu yang berkepentingan.