Ini WNI Simpatisan ISIS yang Ditangkap Pasukan Filipina di Marawi TV NEWS

Berita hari ini tentang Ini WNI Simpatisan ISIS yang Ditangkap Pasukan Filipina di Marawi.

TRIBUNNEWS.COM, MARAWI – Otoritas Filipina dikabarkan menangkap seorang WNI simpatisan ISIS di Marawi, Filipina.

Kepala kepolisian Lanao del Sur, Joel Guyguyon, mengatakan WNI tersebut ditangkap Rabu (1/11/2017) dini hari, saat hendak melarikan diri dari sebuah distrik di kota tersebut.

Guyguyon mengatakan bahwa WNI tersebut bernama Muhammad Ilham Syaputra, seorang simpatisan ISIS asal Medan, Sumatera Utara.

Syaputra mengaku bahwa dirinya sudah berada di Filipina sejak November 2016 untuk bergabung dalam upaya penyerbuan di Marawi.

“Dia diajak oleh Isnilon Hapilon (pemimpin Abu Sayyaf dan komandan ISIS di Filipina) untuk berpartisipasi dalam pergerakan mereka di sini,” kata Guyguyon.

Hapilon sudah dilaporkan tewas dalam sebuah serangan pada 16 Oktober.

Syaputra ditangkap saat dirinya tengah berenang untuk menyeberang Danau Lanao, menuju sebuah kota yang berbatasan dengan Marawi.

Baca: Amien Rais Ingin Tim 9 Bicarakan Reklamasi Dengan Jokowi, Bukan Luhut

Dikatakan Syaputra berupaya menghindar dari kejaran otoritas setempat dan meninggalkan tempat persembunyiannya, yang juga jadi tempat bersembunyi beberapa militan kelompok Maute.

Menurut juru bicara komite penanganan konflik setempat, Zia Alonto Adiong, penangkapan itu dilakukan atas kerja sama dengan masyarakat.

“Penangkapan WNI yang merupakan bagian dari operasi militer di Marawi pada 1 November dilakukan pasukan pemelihara perdamaian tingkat kecamatan (BPAT) Loksadatu,” kata Adiong.

“Ini membuktikan bahwa partisipasi warga setempat sangat penting dalam membantu upaya kami untuk mengamankan masyarakat dari elemen terorisme,” katanya lagi. (Aljazeera/CNN Philippines)

Berita terbaru ini dikutip dari situs berita tentang informasi Ini WNI Simpatisan ISIS yang Ditangkap Pasukan Filipina di Marawi.

Leave a Reply