EKSKLUSIF: Komunitas Iran Tak Besar, Dubes Valiollah Berharap Warganya Kunjungi Indonesia : Okezone News BERITA KORAN

Berita hari ini tentang EKSKLUSIF: Komunitas Iran Tak Besar, Dubes Valiollah Berharap Warganya Kunjungi Indonesia : Okezone News.




JAKARTA – Hubungan Iran dan Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim telah berjalan ratusan tahun. Sekira 4 abad lalu, orang Iran pertama kali datang ke Bumi Nusantara baik untuk berdagang ataupun hal lainnya.

Hingga zaman modern seperti sekarang ini, hubungan Iran dan Indonesia masih berjalan lancar. Meski demikian, ternyata komunitas warga Iran di Indonesia bisa dikatakan tergolong kecil. Hal ini disampaikan oleh Duta Besar (Dubes) Iran untuk Indonesia Valiollah Mohammadi, dalam program Special Dialogue Okezone.

“Warga Iran di sini tidak terlalu banyak. Ada banyak orang Iran di Malaysia, Thailand, Filipina, tapi komunitasnya di Indonesia cukup kecil,” ujar pria kelahiran 1962 itu.

BACA JUGA: EKSKLUSIF: Pengalaman Teman dan Keluarga, Alasan Dubes Iran Mantap Jadi PNS

Kondisi ini, imbuh Valiollah, ternyata juga berlaku sebaliknya. Jumlah warga negara Indonesia yang berada di Iran sendiri juga tidak banyak.

“Warga Indonesia di Iran juga jumlahnya sama-sama kecil. Tentu ada pelajar dan pekerja, tetapi cuma sedikit. Saya berharap di masa depan akan bertambah. Salah satu alasan kecilnya komunitas ini mungkin tidak ada penerbangan langsung dari Indonesia ke Iran,” terang Valiollah.

BACA JUGA: EKSKLUSIF: Sudah Berjalan 4 Abad, Dubes Valiollah Yakin Hubungan Iran-Indonesia Kian Erat

Ayah dua anak ini berharap, warga Iran akan semakin banyak yang datang ke Indonesia. Baik mereka yang datang untuk berinvestasi, bekerja atau untuk belajar.

“Warga Iran mulai berdatangan. Tapi jumlahnya tetap kecil. Kami berharap dapat membawa lebih banyak warga Iran ke sini untuk investasi dan bekerja,” ujarnya.

 EKSKLUSIF! Dubes Iran untuk Indonesia Valiollah Mohammadi Kunjungi Redaksi Okezone

Dubes Iran Valiollah Mohammadi saat mengunjungi Kantor Okezone.com. (Foto: dok. Okezone)

BACA JUGA: EKSKLUSIF: Buka Pintu untuk Pelajar Indonesia, Dubes Iran: Kami Siapkan Beasiswa

Begitu juga sebaliknya, Valiollah mendorong lebih banyak warga Indonesia masuk ke Iran. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan pemberian beasiswa kepada para pelajar di Indonesia.

Iran sendiri dikenal sebagai negara yang kuat dalam pendidikan sains dan teknologi. Untuk tingkat pendidikan, Iran berada di peringkat 17 dunia dan untuk bidang nano teknologi, Iran di peringkat ke-6. Tentunya hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelajar Indonesia.

“Dua pekan lalu kami ada pameran sains dan teknologi di Iran. Dan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Muhammad Nasir dan timnya berkunjung ke Iran dan memimpin komite. Mereka mendorong adanya lebih banyak beasiswa bagi pelajar antarkedua negara,” papar pemegang gelar master dalam bidang politik itu.

BACA JUGA: EKSKLUSIF: Bertugas di Indonesia, Dubes Iran Merasa Seperti di Rumah

Valiollah mengaku optimistis dengan kerjasama antara Indonesia dan Iran di masa depan. Pasalnya, selama bertugas ia mampu melihat potensi dari Indonesia.

“Sudah 2,5 tahun saya di sini dan saya tahu potensi Indonesia. Optimistis untuk masa depan. Alhamdulillah, selama dua tahun terakhir kita punya banyak pencapaian. Hari ke hari lebih banyak aktivitas dan kerjasama tumbuh. Semoga hubungan semakin kuat dan mendalam,” tutupnya.

(rfa)

Berita hari ini yang mengejutkan seperti disampaikan sumber berita tentang informasi EKSKLUSIF: Komunitas Iran Tak Besar, Dubes Valiollah Berharap Warganya Kunjungi Indonesia : Okezone News.

Leave a Reply